Sabtu, 04 Juli 2020

Freewriting, Freestyle

Sekali lagi tidak salah saya bergabung dengan kelas menulis bimbingan Om Jay dkk. Baru beberapa kali saya ikut saya dibuat terkagum kagum dengan semua nara sumber yang dihadirkan. Semalam mentor kelas menulis kami dibawakan oleh bapak Firman dengan Materi yang sangat menarik yaitu tentang menulis bebas atau yang beliau sebut dengan istilah freewriting. Banyak hambatan yang ditemukan oleh para penulis dalam memulai tulisannya, baik itu penulis pemula maupun yang sudah terbiasa. Salah satu hambatan yang beliau sebutkan semalam adalah mengenai ketidak konsistenan seorang penulis dalam menyelesaikan tulisannya. Dikatakan oleh beliau bahwa dalam menulis suatu pokok bahasan yang akan diniatkan untuk menjadi sebuah buku butuh sikap konsisten dan ajeg. Jangan sampai ketika tulisan yang satu belum selesai namun kemudian kita malah membuat tema baru meskipun ide baru itu terlihat menarik dan bagus.

Tulis dan selesaikan terlebih dahulu naskah yang sudah dibuat. Kita dapat mensiasati keadaan apabila mengalami kebuntuan dalam menulis. Memang untuk bisa konsisten dalam menulis terlebih jika kita memasang target untuk harus menulis 5 halaman misalnya, akan terasa sangat sulit di awal. Saya pun demikian. Sampai hari ini jujur saya belum bisa untuk konsisten setiap harinya memaksa diri untuk menulis. Namun disisi lain saya turut bersyukur karena saya tergabung ke dalam komunitas kelas menulis guru arahan Om jay. Saya percaya meski belum bisa sekonsisten teman2 guru lain yang luar biasa hebatnya, saya akan tertular dengan kebiasaan baik mereka semua.

Maka sebagai bagian penutup dari tulisan ini adalah ketika kita sedang mencoba untuk memulai menulis dan naskah yang sedang ditulis itu harus sesegera mungkin diselesaikan. Jangan mencoba untuk tergoda untuk pindah ke lain topik karena hal tersebut akan berakibat tidak selesainya karya yang dibuat. Tulislah apa saja sesuai dengan tema, topik dan judul yang sudah dipilih. Tulislah dan biarkan tulisan kita mengalir dengan sendirinya. Tulislah dengan sebebas2nya. Karena biasanya ide2 tentang tulisan itu akan muncul apabila kita terbuka dengan hal apapun. Baru setelah itu proses editing dilakukan sebagai bagian dari penyempurnaan naskah tulisan kita. Teruslah belajar karena kita adalah manusia pembelajar yang harus memberikan manfaat sebanyak banyaknya kepada orang lain.

Salam Mahakarya                                                                                                                         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cakap Menulis ; Dari Artikel Menjadi Buku

Luruskan Niat Dalam Menulis Selalu ada jalan keluar dari setiap masalah. Masalah terbesar kita sebagai penulis adalah rasa jenuh yang meland...