Sabtu, 04 Juli 2020

Tiga Dari Enam Kunci Penting

Kelas menulis semalam diisi oleh pemateri Bapak doktor Naim. Materi yang beliau sampaikan adalah tentang kunci2 penting dalam menulis.

Sebagaimana yang telah beliau sampaikan bahwa kunci merupakan alat pembuka sesuatu. Bisa pintu, brankas, sepeda motor dan lain sebagainya. Ia hanyalah alat atau media penghubung terhadap sesuatu. Beliau sampaikan dengan sangat jelas dan gamblang apa saja kunci2 itu. Setidaknya ada 6 kunci yang beliau paparkan.

Pertama, kunci penting dalam menulis adalah motivasi. Motivasi ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah motivasi karir, materi, politik dan motivasi cinta.

Jika saya bisa menambahkan maka motivasi yang lain bisa berupa motivasi investasi. Apa itu motivasi menulis dengan niat investasi?

Motivasi investasi dapat dikatakan bahwa kegiatan menulis merupakan sebuah ibadah yang kelak buahnya akan kita petik di masa yang akan datang. Kalimat buah yang akan dipetik di masa yang akan datang berarti belum terjadi dan menurut saya itu adalah sebuah investasi amal.

Terlepas dari apapun motivasi menulis yang kita canangkan di awal tentu hal tersebut akan berpengaruh terhadap karya tulis kita. Maka memang sebaiknya kita meluruskan niat kita terlebih dulu. Tentu saja apabila niatnya baik maka kebaikan pula yang akan kembali kepada kita.

Motivasi menulis yang kedua menurut bapak doktor Naim adalah menulis adalah anugerah. Seperti lagu salah satu band papan atas indonesia yang isi liriknya bertuliskan anugerah terindah yang pernah kumiliki. Hehe. Maka bisa dan mampu menulis secara konsisten adalah sebuah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT. Cara mensyukurinya kata beliau adalah dengan terus menulis tanpa henti. Anugerah diberikan oleh Allah kepada siapa saja yang mau berusaha untuk banyak memberikan manfaat kepada orang lain. Maka syukurilah hal itu.

Dalam tulisan resume ini saya hanya menyampaikan kunci menulis versi bapak doktor hanya sampai 3 kunci saja. Menurut beliau kunci menulis selanjutnya adalah menulis memberikan banyak keajaiban. Keajaiban yang beliau paparkan ada lima yaitu :

1. Mendapatkan banyak materi karena bagi hasil dari royalti

2. Dapat diundang oleh siapapun jika buku yang kita tulis bagus dan bermanfaat.

3. Memiliki banyak teman, relasi baru dan menambah jaringan pertemanan.

4. Dapat membeli peralatan yang kita inginkan sesuai dengan kebutuhan, dan

5. Tulisan adalah alat perekam kehidupan yang ajaib.

Luar biasa. Tiga kunci dari materi yang beliau sampaikan saja sudah sangat kaya akan literasi ilmu untuk kita semua. Apalagi kita yang berprofesi sebagai guru tentu kegiatan menulis adalah kegiatan yang penuh dengan korelasi ilmu pengetahuan dengan aplikasi dalam kehidupan nyata sehari. Sekali lagi, menulislah setiap hari dan lihat apa yang akan terjadi.

 

Salam Mahakarya


4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, singkat dan padat resumenya Pak. Silakan mampir juga di blog sy praptiprayitno.blogspot.com

      Hapus
  2. setuju coach..menulis sebagai investasi amal masa depan.semua berawal dari niat yang baik insya allah hasilnya akan baik dan untuk kita juga
    salam literasi dari jayapura
    main ke blogku ya coach Ali...ssbdok8.blogspot.com

    BalasHapus

Cakap Menulis ; Dari Artikel Menjadi Buku

Luruskan Niat Dalam Menulis Selalu ada jalan keluar dari setiap masalah. Masalah terbesar kita sebagai penulis adalah rasa jenuh yang meland...