Selasa, 07 Juli 2020

Penerbit adalah Kendaraan dan Penulis adalah Penumpangnya

Jika dianalogikan ke dalam sebuah moda transportasi maka penerbit andi dapat dikatakan sebagai salah satu kendaraan yang membawa dan mengangkut penulis menuju tujuan yang diinginkan.

Kelas menulis bimbingan Omjay semalam diisi oleh pemateri bapak Edi S Mulyanta dari penerbit andi. Beliau menyampaikan materi tentang kondisi dan keadaan penerbit sebelum, saat dan masa transisi menuju new normal dalam keadaan pandemi ini.

Salah satu pernyataan yang beliau sampaikan adalah mengenai endurance penulis yang ditantang selama masa pandemi ini. Penerbit selaku kendaraan yang mengangkut penumpang dalam hal ini penulis haruslah memiliki ketahanan yang luar biasa. Janganlah menjadi penulis yang stagnan namun harus bisa menyesuaikan dengan keadaan yang ada.

Bapak Edi menyampaikan bahwa penulis harus bisa dan mampu beradaptasi dengan situasi yang ada. Ketika penerbit melihat peluang yang ada dan kemudian diterima oleh penulis dengan baik maka akan menghasilkan karya yang dapat diterima oleh masyarakat sesuai dengan kondisi up to date. Setidaknya beliau sampaikan bahwa ada 5 tema dalam dunia kepenulisan yang tidak akan lekang oleh zaman yaitu :

1. Buku Pelajaran                                                                                                                         

2. Buku tentang anak

3. Buku teks

Bapak Edi S. Mulyanta(kiri), narasumber kelas menulis Omjay 06 Juli 2020

4. Buku tentang agama dan motivasi

5. Buku Fiksi

Diakhir kuliah beliau sampaikan bahwa dunia tulis menulis akan terus ada dan tidak akan mati. Teruslah berkarya dan perkaya literasi kita sehingga karya yang kita tulis akan menjadi warisan yang abadi bagi orang lain.


2 komentar:

Cakap Menulis ; Dari Artikel Menjadi Buku

Luruskan Niat Dalam Menulis Selalu ada jalan keluar dari setiap masalah. Masalah terbesar kita sebagai penulis adalah rasa jenuh yang meland...